iklan Kareba Parlementa
Sulselsatu
Sulselsatu
iklan Kareba Parlementa

OPINI: Golkar Baper, NasDem dan PDIP Tampil Cuper

Iklan Humas SulSel

Penulis: Nursandy Syam (Manager Strategi & Operasional Jaringan Suara Indonesia)

Dinamika kontestasi politik di Kota Makassar makin meningkat. Seiring waktu pendaftaran bagi bakal calon kepala daerah yang semakin dekat.

Manuver dari masing-masing figur bakal calon kepala daerah dalam perebutan dukungan partai politik (parpol) menjadi ajang tontonan menarik bagi siapapun yang mengikuti perkembangan komunikasi politik yang sedang terbangun.

Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar menjadi wacana diskusi yang terus bergulir di warung kopi, pemberitaan dari media cetak dan media online tiada henti serta percakapan di media sosial yang semakin nyaring dari warganet ikut menciptakan gegap gempitanya iklim kontestasi politik di Kota Makassar.

Iklan Pemerintah Kabupaten BONE

Jalannya proses lobi dan negosiasi antara figur bakal calon kepala daerah dengan parpol seakan tak mudah ditebak. Rumit, terselubung dan menghadirkan rasa penasaran.

Masyarakat hanya bisa menduga-duga dan menebak-nebak dengan segala argumentasi dan asumsi dari berbagai sudut pandang. Benar dan salah, hanya segelintir orang yang tahu tentang apa sesungguhnya yang terjadi di balik layar.

Begitulah komunikasi politik. Informasi yang muncul di permukaan dan dikonsumsi publik hanya sebagian saja. Selebihnya ‘off the record’.

Beberapa hari terakhir ini, berita-berita panas soal arah dukungan parpol mengejutkan dan mencuri perhatian (cuper) publik. Diawali dari makin intensnya pertemuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan Daeng Ical sapaan akrab Syamsu Rizal bersama Fadli Ananda.

Padahal sebelumnya banyak pihak yang menilai bahwa peluang Danny Pomanto diusung PDIP sangat besar dibanding figur lainnya. Lantaran, kerapkali foto pertemuan Danny Pomanto beredar bersama sejumlah elite PDIP. Publik tentu bertanya-tanya. “Ada apa?”.

Dari peristiwa politik tersebut, memicu hadirnya beragam tanggapan. Ada yang menduga pertemuan itu hanya sebatas komunikasi politik biasa, ada pula yang memaknai bahwa PDIP sedang memainkan gimik semata hingga spekulasi PDIP sedang membangun alternatif usungan di Pilwalkot Makassar.

Beredarnya undangan konsolidasi dari DPP PDIP kepada Daeng Ical bersama Fadli Ananda yang akan dilangsungkan pada hari Minggu, 28 Juni 2020 seakan menguatkan analisis banyak pihak bahwa PDIP kemungkinan besar akan mendorong figur pasangan yang kini populer dengan akronim DILAN.

Manuver PDIP kepada Daeng Ical yang terdengar dan tersebar massif setidaknya ikut mengusik kebatinan Danny Pomanto dan figur lainnya yang telah lama mengincar partai banteng bermoncong putih tersebut.

Jika menilik lebih dalam, nampaknya memang ada sengkarut komunikasi politik yang tak terurai antara PDIP dengan Danny Pomanto.

Ihwal tersebut, ikut dipertegas dengan menguatnya kabar Danny Pomanto akan berpasangan dengan Hj.Fatmawati, yang tak lain adalah istri dari Ketua DPW Nasdem Sulawesi Selatan, Rusdi Masse.

Informasi itu berhembus kencang. Suara dari DPW Nasdem Sulsel, DPD Nasdem Makassar dan tanggapan dari berbagai kalangan ikut menguatkan sinyal kalau Danny Pomanto bersama Hj.Fatmawati hampir pasti maju berpasangan.

Langkah Nasdem bukan isapan jempol belaka. Informasi terbaru, DPP Nasdem telah meneken surat dukungan berupa rekomendasi kepada Danny Pomanto dan Hj.Fatmawati. Tak tanggung-tanggung dukungan tersebut terbit dengan format B1-KWK.

Sikap dan manuver yang ditunjukkan Nasdem tergolong berani dan mendobrak tradisi politik serta pakem yang selama ini terbangun dalam kontestasi.

Dalam catatan pilkada langsung, mungkin belum pernah ada satupun parpol yang berani memasangkan kedua kadernya dengan perolehan kursi yang belum memadai. Maka, apa yang dilakukan partai Nasdem merupakan perjudian besar dalam membangun koalisi parpol yang ideal guna merintis rute kemenangan.

Nasdem dengan keyakinannya, tentu punya perhitungan matang dengan berbagai variabel pendekatan. Resiko yang bisa timbul dari keputusan itu, antisipasinya pasti telah disiapkan. Dalam pandangan saya, manuver ini bukanlah sesuatu yang gegabah.

Lantas bagaimana reaksi dari partai Golkar yang lebih dulu memberikan dukungan berupa surat tugas kepada Danny Pomanto?.

Apakah prosesi penyerahan dukungan yang begitu meriah di gedung Celebes Convention Centre (CCC) tak berarti apa-apa bagi partai Golkar?.

Jika melihat fakta politik hari ini, keinginan Golkar untuk menduetkan Danny Pomanto dengan kadernya Andi Zunnun nampaknya harus gigit jari.

Sebelum rekomendasi Nasdem terbit, sikap Golkar terlihat masih menaruh harapan kepada Danny Pomanto. Walaupun kesan baper (terbawa perasaan) sudah terasa dengan munculnya beragam reaksi dari internal partai Golkar mengenai isu pasangan antara Danny Pomanto bersama Hj.Fatmawati.

Kita sedang menunggu seperti apa langkah dari partai Golkar dalam menyikapi dinamika tersebut. Apakah tetap bersama Danny Pomanto meski harus rela mengusung tanpa seorang kader. Ataukah Golkar memilih berpisah dengan mengusung figur pasangan yang lain.

Kita berharap bisa menyaksikan sebuah kontestasi yang elegan. Dimana harga diri seseorang dan kelompok partai di pertaruhkan secara transparan.

Semuanya taat pada rule of the games yang bisa diikuti oleh rakyat dalam memperebutkan kursi kekuasaan. Ketika kursi itu pindah ke tangan orang lain maka prosesnya pun terbuka, rasional dan tampil secara elegan.

Sekali lagi, politik itu penuh kejutan. Kalau datar-datar saja, adem ayem saja maka tak seru dan menarik perhatian publik.

Oke, kita menunggu kejutan selanjutnya!

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...
Sulselsatu

Sukses Pajaki Netflix Cs, Kemenkeu Bidik TikTok hingga Alexa

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan sukses menarik pajak pertambahan nilai atau PPN dari perusahaan digital asing seperti Netflix cs sebesar 10...
Sulselsatu

Video Mesum Luna Maya dan Cut Tari, Ini Komentar Nikita Mirzani

SULSELSATU.com, JAKARTA – Nikita Mirzani mengaku terkejut saat pertama kali mendengar kasus video asusila yang melibatkan Ariel Noah, Luna Maya, dan Cut Tari, kembali...
Sulselsatu

Putra Dollah Mando ke Rutan Polda Minta Barang Bukti ke Tersangka

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Putra Bupati Sidrap Dollah Mando, M Yusuf alias Doni dikabarkan mendatangi tersangka kasus OTT Disdik Sidrap, Syahrul Syam di Rutan Polda...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

Airlangga Kirim 7 Orang Utusan Kawal Musda Golkar Sulsel

SULSELSATU.com, JAKARTA - Musyawarah Daerah (Musda) DPD I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan bakal digelar mulai malam ini, Kamis 6 Agustus 2020. Meski digelar di...
Sulselsatu

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...
Sulselsatu

Akal Bulus Pria Ini Ajak Istrinya “Digoyang” Pria Lain

SULSELSATU.com, SURABAYA - Subdit IV Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur telah menetapkan EH, tersangka kasus bisnis prostitusi pesta seks tukar pasangan...
Dinas Pendidikan
Sulselsatu

GALERI FOTO: Baca Al-Quran 1 Juz, Gratis Oli dan Service Motor

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah pemilik sepea motor membaca Al-Quran di bengkel Remaja Motor 212, Jalan Letjen Hertasning, Makassar, Selasa (22/5/2018). Hasanuddin (46) pemilik bengkel memberikan...

Baca Juga

Sulselsatu

Dua Destinasi Wisata di Parepare Masuk Nominasi API Award 2020

SULSELSATU.com, PAREPARE - Dua destinasi wisata di Kota Parepare berhasil masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020. Keduanya adalah, wisata air susur...
Sulselsatu

Bale Tolak Bela Madrid Saat Kontra City di Liga Champions

JAKARTA - Gareth Bale menolak bermain saat Real Madrid jumpa Manchester City di leg kedua 16 besar Liga Champions. Hal ini dibenarkan pelatih Los...
Sulselsatu

DPRD Makassar Setujui Ranperda APBD Tahun Anggaran 2019

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Makassar Tahun...
Sulselsatu

Hasnah Syam Apresiasi Kecamatan Balusu Deklarasi ODF

SULSELSATU.com, BARRU - Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dan segenap elemen masyarakat membiasakan pola hidup bersih, patut diacungi jempol. Mengingat, usaha dan kerja keras...

TERKINI

Sulselsatu

Wagub Terima Kunjungan Silaturahmi MUI Sulsel dan Kakanwil Kemenkunham

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menerima kunjungan...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Gunung Sinabung Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Capai 2.000 Meter

SULSELSATU.com - Gunung Sinabung di Sumatera Utara kembali erupsi semburkan abu...
Sulselsatu

Lepas Sambut Pejabat Lama dan Pejabat Baru Dandim Kodim 1422 Maros

SULSELSATU.com, MAROS - Tongkat Komando kepemimpinan Kodim 1422/Maros berganti dari Dandim...
Sulselsatu

Evi Masamba Ingin Jadi Bupati Lutra, Ivan Gunawan Tak Setuju

SULSELSATU.com, MASAMBA - Presenter Ivan Gunawan mengomentari unggahan penyanyi dangdut Evi...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Usai Rusak Tugas Sekolah Majikannya, Ekspresi Kucing Ini Bikin Gemas

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang bocah perempuan menangis tersedu-sedu. Dalam video...
Sulselsatu

Ini Hasil FP 2 MotoGP Ceko

SULSELSATU.com, CEKO - Fabio Quartararo, menjadi yang tercepat pada sesi latihan...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Korban Tewas Gempa Sulteng Bertambah Jadi 1.407 Orang

SULSELSATU.com, JAKARTA – Jumlah korban tewas gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah terus bertambah. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban...